Tuesday, August 23, 2005

Memilih Password

Lupa itu manusiawi.
Iya kan?
termasuk juga lupa sama password atau PIN.
rasanya banyak orang pernah mengalami.
Entah itu password login ke network, password imel,
sampai password dokumen yang sengaja di protect.


Padahal pemilihan password ataupun PIN biasanya sepenuhnya
Diserahkan kepada si pemilik.

Pemilik dibebaskan memilih,
Memasang dan merangkai password atauPIN nya sendiri
tanpa ketentuan macam macam.

Cerita tentang pemilihan password seringkali lucu dan menarik.
Tidak pernah diteliti apakah cara menentukan password
Berhubungan erat dengan karakter seseorang,
atau dengan jenis kelamin,
atau hari lahir, primbon, zodiak dan sebagainya....

tapi kecenderungan orang memilih password kadang memang mudah diterka,
bagi yang sedang jatuh cinta,
nama kekasih, atau yang masih jadi gebetan sering digunakan sebagai password,
bahkan sering ditambahi embel embel 'sayang,cinta,kasih,rindu...' ...(amboi mesranya)
buat yang sudah punya anak,
nama password seringkali diambil dari nama anak tercintanya,

tidak aneh memang , karena nama pacar,kekasih,gebetan, anak, tentu hal yang sangat mudah diingat.
tapi apakah selalu begitu? tidak juga, ada juga orang yang memilih hal lain yang dianggapnya lebih mudah untuk diingat.

pada waktu di kantor teman saya beberapa waktu lalu diadakan restrukturisasi system,
setiap orang diminta menuliskan passwordnya dan menyerahkan kepada bagian system,
dari situ didapati bahwa ternyata banyak sekali dari mereka yang nama passwordnya cukup mengundang senyum,
contohnya, ada satu orang yang menamai passwordnya dengan nama makanan, dan karena setiap bulan setiap password, biasanya diminta diganti, dia menggantinya tetap dengan nama MAKANAN!!, jadi misalnya :
bulan pertama lemper,
bulan kedua lontong,
bulan ketiga tahuisi,
bulan keempat gado gado...
sampai telorrebus.
tidak jelas apakah mungkin itu berkaitan dengan makanan favorit karyawan ybs pada bulan-bulan tsb, atau hanya sekedar menunjukkan si pembuat password adalah si doyan makan.
tapi bagi saya, menamai password dengan nama makanan sungguh sangat riskan, karena saya seringkali gandrung sama berbagai jenis makanan dalam kurun waktu yang sama, bisa kacau saya tertimpa lupa dan keder akut, untuk mengingat password saya bulan ini pisang molen, apa nastar, apa dadargulung...

ada lagi yang mencantumkan nama pemain sinetron, bulan pertama jihanfa, bulan kedua sarahazhari, bulan ketiga nafaurb, dst...aduuh ini juga susah kalo buat saya, karena pemain sinetron yang saya suka cuma satu dan namanya panjang sekali, benyaminsyueb, berarti bulan kedua saya harus ganti jadi bsyueb, atau selanjutnya benyamins, lalu bensyue... weleh weleh...

bentuk lain, ada yang mengambil nama lagu atau group band, ada yang sangat motivational memakai kata kata penuh motivasi seperti hayomaju, pantangmundur, akubisa..
ada juga yang merupakan ekspressi curahan hati seperti "lagi sebel","senengbanget" dan lain lain... hehehe

tapi bagi yang tidak ingin terlalu repot, banyak juga ternyata yang hanya mengambil nama bulan , january,february,dst... simple, tapi rada berbahaya bukan???

tentang PIN yang biasanya berbentuk angka, juga sering mudah diterka,
orang biasanya akan mengambil tanggal,bulan dan tahun lahirnya, atau pasangannya, tanggal perkawinan, tanggal jadian, dan tanggal tanggal penting lainnya, atau gabungan dari tanggal tanggal istimewa itu,
iya kan?

saya punya cerita cukup tragis mengenai PIN ini.
pernah ada seorang teman yang sering lupa sama nomer pin atmnya,
sehingga akhirnya dia membuat catatan di dompetnya untuk berjaga jaga kalau dia lupa.
dia catat semua nomor PIN untuk beberapa atm dari bank yang berbeda beda,
misalnya bank ABC : 345272, bank XYZ : 8794000, dst .
Dan karena catatan itu memang untuk dia liyat kalau kalau dia lupa sama pin nya saat dia mengambil atm, diletakan lah kertas catetan PIN PIN itu di dompet berdekatan manis dengan sang kartu kartu atm....
sayangnya, suatu hari dompetnya dicuri orang...
anda sudah dapat membayangkan bukan apa yang terjadi pada uang teman saya di semua bank yang ia punya... ?? kasihan...

lalu saya? apa yang saya pakai biasanya untuk jadi nama password, atau nomer PIN ??
Saya bukan orang yang cukup kreatif,
dari dulu sekali, saya hanya pakai nama kucing lucu peliharaaan saya untuk jadi nama password.
tapi meskipun cuma tiga ekor kucing, kadang kalo abis cuti panjang atau long weekend,
lalu mesti login lagi ke server, tetep aja sering lupa,
bulan ini giliran kucing yang mana yang lagi jadi password saya hehehe.....
untuk PIN? saya rasa lebih baik saya tidak beritahu demi alasan keamanan :)...

Bagaimana dengan anda? apa biasanya yang anda pakai jadi password dan PIN anda?

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

yaaa...ngga aneh sih kalo kamu sering lupa Cil...inget ngga waktu kamu parkir mobil di Citibank Landmark kalo ngga salah...udah pake acara nangis ke security,"mobil saya ilang", padahal lupa lokasi parkir..he..he..he...

5:21 AM  

Post a Comment

<< Home