Friday, March 10, 2006

mimpi buruk

tadi malam saya bermimpi,.... mimpi pulang ke jakarta, pulang ke rumah mamah untuk menghabiskan rindu yang mengganggu sudah sejak beberapa minggu.. entah karena bawaan wanita yang sedang hamil yang konon katanya lebih cengeng, atau memang karena sedang sering terpikir tentang masa kecil, yang jelas, akhir kahir ini rindu kepada mamah, kakak, dan adik adik, apalagi pada almarhum papah kerap datang mengusik...

dalam mimpi saya, perjalanan ke jakarta terasa lamaaaa sekali, sepertinya harus ditempuh dengan berganti-ganti berbagai alat transportasi dan melalui puluhan bukit.... suasananya terasa asing dan rasanya daerah yang saya lewati tak pernah saya temui...
setelah perjalanan yang melelahkan, akhirnya tibalah saya di kota tercinta, di rumah ibunda. Saat itu malam telah sangat larut. Anehnya, rumah yang saya datangi itu masih berbentuk rumah lama orang tua saya, tempat saat dimana masa kecil saya habiskan... namun kegembiraan yang saya rasakan saat tiba disitu tak tertandingi oleh rasa bahagia manapun yang pernah saya rasakan...

begitu memasuki halaman rumah, tempat yang pertama saya ingin tuju adalah kamar mamah, yang saat itu tertutup rapat sekali,...
bergegas saya ketuk pelan-pelan untuk memberitahukan mamah saya telah tiba,
beberapa kali ketukan tak ada jawaban, akhirnya saya dorong pintu kamar dan saya buka pintu kamar mamah untuk masuk ke kamar mama dan segera bertemu,
ketika pintu telah saya buka, yang saya temui hanyalah tempat tidur mamah,dalam keadaan kosong dan rapih sekali, tak ada tanda tanda mamah habis tidur disitu...

ketika saya melangkah masuk untuk memastikan, tiba tiba seperti ada seseorang yang tak kukenal berkata hampir berbisik kepadaku :
"mamah tidak lagi tidur disitu, mamah sekarang sedang tidur dengan tenang sama papah.."

terkejut sekali aku saat itu dan berusaha menengok untuk mencari tahu siapa yang baru saja membisikku, tapi ketika kutolehkan kepalaku ke segala arah, tak ada seorangpun kudapati berdiri disekelilingku....

ketika rasa heranku belum habis, aku pun terbangun dengan penuh keterkejutan,....
terhenyak aku akan mimpi itu,
tanpa terasa airmataku meleleh dan akupun menangis pelan dengan penuh kesedihan...
tiba tiba saja aku takut kalau mimpi ini adalah firasat dan sebuah tanda,..
ya Allah, sehatkanlah mamahku..... panjangkanlah umurnya....
aku tahu ini hanya mimpi, aku mengerti usia dan maut adalah kuasa Engkau ya Rabb,
tapi tak dapat kupungkiri, rasa takut kehilangan lagi membuatku tak bisa menahan airmata
belum cukup rasanya bakti dan kebahagiaan kuberikan untuk mamah, seperti juga belum cukup rasanya kuciptakan kebahagiaan untuk papah,
bila dapat ku meminta,
berikan dulu cukup waktu untuk tunjukkan kasihku padanya....

mimpi ini juga semakin mebuatku rindu sama ayahandaku nun jauh di alam sana,
Ya Allah, berikan tempat terbaik di sisiMu buat papah, sampaikan bisik rinduku lewat alunan doaku untuknya,
tentunya aku ingin suatu hari nanti,
kami -papah, mamah dan semua keluargaku- dapat bertemu lagi dan berkumpul bersama,
Lindungilah kami ya Allah dan perkenankan kami berpulang pada-MU dalam keadaan khusnul khotimah...
Amiin YA Robbal alamiinnnn



6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

sampai nahan napas ngebacanya :( tetapi mimpi hanya bunga tidur khan yach mamee....segalanya ada di tangan yang diatas!

11:16 PM  
Blogger Ellen Widyasari said...

katanya,kalo mimpi buruk jangan diceritakan,karena itu datang dari syetan..

1:10 AM  
Anonymous Anonymous said...

Dear Mirna, emang kalo lagi hamil suka aneh aneh mood jg... banyak doa dear... & pasrah sumerah sama Gusti Allah :)

11:58 PM  
Blogger muntenari said...

mas, masih kangen sama dian sastro gak..?
:)

salam kenal,
risal

8:42 PM  
Blogger muntenari said...

eh, yang punya blog ini perempuan yah..
sori,
mbak kalo gitu. :)

8:44 PM  
Anonymous Anonymous said...

Nimas yang manis,
Kalau tak salah mimpi itu ada 4 macam, ada mimpi kebalikan, ada mimpi ramalan, ada mimpi kiasan, dan ada mimpi peringatan.
Aku nggak tahu kategori itu berlaku atau tidak untuk orang hamil, karena susunan kimia dan hormon wanita hamil berbeda dengan orang tak hamil jadi seperti sudah sering dibahas pada buku dan artikel 'you do get weird dreams during pregnancy'. Udah telefon mamah mu belum?

Ini Nim, untuk berbagi rasa

------
Kembalikan padaku mimpi mimpi masa lalu!
ketika kata membeli tawa
ketika hati berbunga kembang api
ketika terang berkejaran layang-layang
ketika gelap harum rumput malam
ketika langit berjejal bintang
ketika bulan turun ke tanah lapang

ketika Ibu, ketika bapak, ketika adik, ketika kakak-

Kembalikan padaku masa lalu
biar saja lewat mimpi-mimpi
aku rindu
aku rindu
O betapa aku merindu!
Jakarta 11.04

9:58 PM  

Post a Comment

<< Home