Sunday, October 16, 2005

balada si bubur sumsum

"aku sudah pasrah! menyerah!" begitu keluh saya pada suami sambil merengut mau menangis lalu menghempaskan diri duduk di sofa di sebelahnya..
apa pasal inii? iyaa... saya sudah pasrah, menyerah, mengaku kalah atau apapun itu istilahnya, saya memang mungkin tidak berbakat memasak...
bukan apa-apa, ada ada aja kayaknya yang terjadi kalau saya sedang serius berniat mencoba resep baru...
contohnya ya hari ini ..... untuk buk-ber sama temen temen gank ibu ibu funkeh disini, saya kedapatan tugas bikin bubur sumsum,.... iya emang cuma bubur sumsum, coba deh plis ga usah diketawain....

iya ... tau... tau.. bubur sumsum doang gitu lohhh :((........
saya udah simak baik baik resep nya dari blog ratu dapur di spore :) disini nih
http://www.dapurbunda.blogspot.com, sepintas saya baca, "aaah gampang kaleee iniiii" begitu pikir saya...
dua kali baca..."beressss, sebentar juga kelar ini mah kayaknyaaa...."

jam 12an, saya mulai langkah langkah sesuai petunjuk si ibu empunya resep, puifhhhh lumayan juga ternyata yaa... ngaduknya itu loh... berhubung menurut pesan pesan sponsor tidak boleh ditinggalkan barang sedetik juga kalo lagi ngaduk bubur sumsum (bused dah,... kerjaan yang saya bawa pulang kerumah dari kantor juga mendadak kalah penting dari si bubur sumsum ini)...
trus kayaknya abis bikin bubur sumsum saya ga perlu olah raga angkat barbel lagi nih , udah kenceng ,..hehehe... itu aja udah dibantuin ama si mbak yance yang dikirim jeng ellen dari tempanis, juga dibantuin ama si ab buat gantian ngadukk... heboh ...

begitu akhirnya kelar, tiba tiba mbak yana nanya dengan polosnya,
"ini kayaknya tepung beras ketan ya bu, kan harusnya pake tepung beras?".
glek, langsung panik, buru buru lari ke tempat sampah, nyari plastik si tepung yang udah keburu kebuang,.
gubrak...!!, "GLUTINOUS RICE FLOUR"... jadi yang dari tadi kita bertiga aduk aduk dengan sepenuh hati itu adalah tepung beras ketan.... ya pantes aja jadinya rada lengket gitu, nggak kering kering biar diaduk ampe memble juga ....... abis waktu beli saya nggak terlalu merhatiin, ada kata kata RICE FLOUR, terus ada logo halal, langsung angkutt...

ya tuhaan,... udah jam 3an... mbakkk yanaaaa..... mbok coba nanyanya dari tadi ya sebelum kita extra tenaga ngaduk...

mau cuek aja, tapi ini buat para ibu-ibu yang jago masak, ga mungkin lah mereka ditipu *wink wink* sori pren, sempet kepikir mau nepu tadi.....hehehe abis daku teringat ngaduknya itu lohh...
terpaksalah bela belain lari lagi ke FAIRPRICE, lagi pula, ini karya pertama saya buat dibawa acara kumpul kumpul, (biasanya bawanya buah mulu, atau snack yang ga perlu dimasak tinggal dibeli....)
kalau hasilnya ancur ntar saya di bully lagi hehehehe..
padahal tau nggak , pagi tadi saya udah ke sheng shong supermarket, untuk nyari nangka buat kinca nya si bubur sumsum ini. di sheng shong ngga ada, langsung cabut ke FAIRPRICE, eh disana juga ga ada,.. akhirnya bela belain lari lagi ke geylang serai.... dan sekarang kudu balik lagi ke FAIRPRICE buat beli TEPUNG BERAS.... huuuhuuuu mau nangiiisss rasanya,...ada ada aja dehhh...

abis dapet tepung beras di FAIRPRICE, buru buru ngulang lagi dari awal, dan iya betul, lagi lagi kita harus ngaduk lagi itu tepung, dan tidak berani meninggalkan sedetik pun..... patuh bow...harga diri dan martabat dipertaruhkan soalnya...hehehehe udah kayak kontes masak aje ....

yang ini juga bukan beres dari persoalan, pas diaduk-aduk, kok baru sebentar udah kentel banget dan ngrinjel ngrinjel gitu tepungnya , nggak kaya bubur sumsum buatan nyokap di jakarta...
mulai panik lagi, sementara waktu juga udah makin sore.... apa yang salah sihhh.. perasaan udah patuh banget ama panduan reseppp....

akhirnya setelah cape ngaduk, tu adonan tetep diangkat, walopun ga yakin.... dengan harapan kalo udah dingin bakalan rada mengencer ..... 10 menit...20 menit... ampe 30 menit, bentuknya tetep seperti itu, lebih mirip bubur ayam daripada bubur sumsum..
akhirnya ga tahan, angkat telpon dan nelpon pakar masak, mbak watie, yang bantuin di rumah mertua di jakarta.... sarannya ??... disuruh masukin lagi ke panci dan tambahin santen, dan di ADUK lagi,...oh noo........ kapankah penderitaan ini akan berakhir???...

sekali lagi, karena udah tlanjur janji mau bawa bubur sumsum, terpaksa diikuti saran itu, iya bener,

tu bubur kita masukin lagi kepanci, dan diaduk aduk lagi,..
hasilnya: tidak jauh berbeda....

pasrah,.. kata AA Gym kalo udah berusaha, tinggal pasrah.... (hehehe pake bawa bawa AA Gym segala yaaa...)
sempet telpon ngorek bocoran dari si tuan rumah,
apa kira kira ada makanan pendamping laen selaen bubur sumsum saya, buat makanan pembuka,
misalnya apakah ada yang bawa kolak gituuu..
"nggak ada tuuhh".... begitu jawab si empunya rumahhhh....
duuhhhh ....tambah sakit perut, sekilas terpikir mau nyari bubur sumsum jadi, untung ga tau dimana belinya...hehehehe
terserahlah, begitu pikir saya, tinggal bawa aja dan whatever will be will be...
sampe di rumah temen, sambil meringis saya taro tuh si bubur sumsum ajaib di meja,
ada yang mencoba menghibur "nggak papalah tampangnya kayak gini, yang penting kan rasanyaaa"
glek!! masalahnya ga yakin juga ama rasanyaa... ihikss...

ini baru bubur sumsum, udah grogi dan heboh kayak gini, gimana disuruh bawa pindang tulang apa rendang yak
?@#$%^&*
ibu-ibu, kalo saya emang ternyata ga berbakat masak, bakalan dikeluarin nggak sih dari gank.... huhhhuuuuu jangan yaaa.... plissssss
kan saya sudah berusaha,... kalo dipikir pikir ini bubur sumsum termahal di dunia kali yak..
bayangin aja,
beli kara sampe dua kali
beli tepung dua kali
belon gas yang dipake karena berulang ulang diangkat dimasak lagi, diangkat dimasak lagi..
dan yang paling mahal, sambungan internasional buat trouble shooting nya itu lohh...ck..ck..ck..



PS. teriring terimakasih untuk pemilik blog dapurbunda, gimana yaa caranya biar bisa piawai masak seperti jij... :)





5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Wataaa..... pengalamannya padahal jauh lebih menakjubkan kalo diceritain langsung daripada ditulis, hehehe...

Ck ck ck... kalo itu abis lebaran kudu dikomporin untuk bikin puding nih.

12:33 PM  
Blogger Ellen Widyasari said...

duh..duh..duh..ciaaaaan..
gpp, baru bubur sumsum kan?
setuju kata hany..berikutnya tugas bikin puding!hehehe

11:02 PM  
Blogger BundaZidan&Syifa said...

aduh kasian Mirna,.. tapi gak papa, duluu waktu aku pertama kali bikin bubur sumsum juga gitu, berindilan.. hehehehe,.. ntar coba lagi ya, kuncinya di tepung beras yang diaduk sama separuh santan, harus benar2 licin gak berindilan, setelah sebagian santan yang didihkan benar2 mendidih, baru dimasukkan campuran tepung beras ini sedikit2 sambil terus diaduk... coba lagi yaaa.. kalau ada apa2 telpon aku di 98583242.

11:03 PM  
Anonymous Anonymous said...

makanya gak sah masak deh mendingan juga main sama baba......

6:53 AM  
Blogger wafa-bunda said...

duuh tante mirna perjuangannyaa hihi..gpp, pengalaman baik lagi. Pas baru di sg, dakuw masaknya sayur bening muluu :)

2:15 AM  

Post a Comment

<< Home